Tips Trik resepsi dan cincin pernikahan

Rencana Menikah?

Rencana NikahPerencanaan pernikahan merupakan prosesi yang harus dipersiapkan matang-matang. Perencanaan menikah meliputi pembentukan panitia, penyediaan budget, pemilihan gedung, katering, dan masih banyak lagi. Semua usaha terbaik harus dikerahkan untuk hari pernikahan yang indah.

Rencana menikah merupakan awal kehidupan baru bagi sepasang kekasih yang jatuh cinta. Rencana menikah ini dimulai dari lamaran sang pria kepada calon istrinya. Adat istiadat menentukan perlu atau tidak acara khusus dalam proses lamaran. Secara umum, lamaran tidak memerlukan prosesi besar-besaran yang mengundang banyak orang. Kehadiran kedua belah pihak keluarga pada saat lamaran sudah cukup. Ketika calon istri menerima lamaran, maka tahapan selanjutnya adalah penentuan tanggal pernikahan.

Langkah awal pernikahan adalah membentuk kepanitiaan yang disetujui kedua belah pihak keluarga. Langkah awal pernikahan tergantung pada budget yang tersedia. Dengan melihat budget yang tersedia, dapat ditentukan apakah pernikahan dirancang dengan bantuan event organizer (EO) atau dirancang dengan kepanitiaan sendiri. Kelebihan menggunakan jasa EO adalah pihak pengantin tidak perlu pusing berurusan dengan vendor (penyewa gedung, percetakan undangan, dan sebagainya) sehingga energi yang terkuras sedikit. Namun, budget menyewa jasa EO akan lebih mahal daripada mengurus pernikahan sendiri karena pihak EO pasti mengambil keuntungan. Sebaliknya, jika diputuskan untuk mengurus pernikahan sendiri maka budget dapat ditekan, namun pihak pengantin bisa jadi kelimpungan untuk berurusan dengan vendor.

Tahapan selanjutnya dari perencanaan pernikahan adalah menentukan pernikahan menggunakan tradisi adat tertentu atau tidak. Tentu saja keputusan tersebut harus disetujui kedua pihak keluarga. Dari keputusan tersebut, dapat ditentukan lokasi pernikahan ingin dilakukan di rumah atau menyewa gedung. Jika pernikahan dilakukan di rumah, maka tanggal pernikahan tidak akan menjadi masalah. Jika pernikahan dilakukan di gedung pernikahan, maka sebaiknya pemesanan gedung dilakukan setidaknya 3 bulan sebelum tanggal pernikahan. Komponen lain yang juga penting dalam pernikahan meliputi dekorasi pernikahan, foto pernikahan, katering, serta gaun dan rias wajah pengantin. Komponen-komponen tersebut merupakan komponen yang dapat direncanakan setelah kepanitiaan dan lokasi pernikahan ditentukan, tentu saja komponen tersebut juga bergantung pada anggaran pernikahan yang tersedia.

Leave a Reply