Tips Trik resepsi dan cincin pernikahan

Konsep Dekorasi Pernikahan: Tradisional dan Kontemporer

dekorasi pernikahan modernDekorasi dalam segala hal adalah sesuatu yang sangat penting dan menentukan “jadi” tidaknya atmosfer di tempat tersebut. Dalam sebuah pernikahan, perlu ditata sebuah dekorasi pernikahan yang pas dan cocok dengan tema pernikahan tersebut. Seperti kita tahu, ada beragam macam konsep dekorasi pernikahan. Yang pertama harus dilakukan adalah menentukan tema dari acara pernikahan. Jika acara adat yang digunakan, maka dekorasi yang digunakan adalah dekorasi tradisional.

Dalam dekorasi pernikahan tradisional, ada beberapa elemen adat yang harus digunakan. Sebagai contoh, dekorasi adat Jawa akan menggunakan gebyok di belakang pengantin. Kembar mayang merupakan unsur yang tidak boleh dilupakan. Beberapa elemen dekorasi pernikahan tradisional Jawa juga merupakan bagian dari upacara sehingga harus ada seperti bleketepe. Dalam dekorasi tradisional, bahan-bahan alami lebih banyak digunakan. Dekorasi pernikahan Jawa sangat dominan menggunakan janur sebagai bahan dekor. Janur adalah daun kelapa yang masih muda, biasanya masih berwarna kuning seperti yang biasa dibuat kulit ketupat.

Berbeda dengan dekorasi pernikahan tradisional yang masih memperhitungkan banyak unsur, termasuk perhitungan hari baik permulaan pemasangan dekorasi, dekorasi pernikahan modern terhitung lebih simpel. Sebagian pengantin memilih memadukan dandanan tradisional dengan konsep pesta pernikahan yang modern. Demi mengadaptasi keinginan tersebut, maka dikreasikanlah desain pernikahan modern. Seperti halnya tampak pada sebutannya (modern), desain pernikahan model ini banyak menggunakan material-material buatan.

Dekorasi pernikahan yang mengambil konsep kontemporer modern biasanya banyak menggunakan permainan kain dan lampu. Kain digunakan sebagai backdrop dan penutup langit-langit. Dengan kreativitas yang hebat, para dekorator bisa membentuk kain-kain tersebut dengan berbagai motif seperti kipas, bunga dan berbagai macam kreasi lainnya. Permainan lampu sorot juga menentukan penampilan akhir dari dekorasi tersebut. Untuk menambah kecantikan, pihak pembuat dekorasi bisa menambahkan kolam kecil buatan.

Kolam dan dinding “batu” terbuat dari styrofoam yang dicat dengan motif batu kemudian dialiri air yang dialirkan melalu pompa akuarium. Tambahan bunga-bunga, baik bunga asli ataupun plastik ditempatkan di beberapa tempat. Pada dekorasi pernikahan modern, unsur alami yang digunakan kebanyakan terbatas pada bunga-bunga alami di pelaminan. Selain untuk mempercantik dekorasi, aroma bunga alami seperti bunga sedap malam tentu akan membawa kesan tersendiri.

Leave a Reply