Tips Trik resepsi dan cincin pernikahan

Makna Dibalik Warna Baju Pengantin

Gaun pengantin indah yang banyak diciptakan sebenarnya bukan tanpa arti. Ada makna dibalik baju pengantin indah ini. Apapun jenis baju pengantin yang dikenakan baik kebaya, gaun pengantin modern ataupun tradisional seperti baju pengantin Jawa, Melayu, Minang bahkan Sunda punya arti khusus yang melekat. Arti warna ini pun beragam. Mari Kita lihat makna di balik warna baju pengantin.

Baju penganti dari daerah Sumatera Barat misalnya. Tradisi pengantin Minang biasanya menggunakan baju dengan warna cerah dan meriah. Warna yang paling menonjol adalah warna merah. Arti warna dari pakaian merah ini adalah lambang kebahagiaan. Dalam tradisi Minang, mempunyai menantu adalah suatu kebahagiaan. Karena itulah diekspresikan dengan warna merah. Lain tradisi di daerah Sumatera Barat, lain pula tradisi di daerah jawa.

Baju pengantin Jawa identik dengan warna hitam yang terbuat dari beludru. Warna ini melambang kepatihan. Hal ini melambangkan kesan glamour dan elegan pada pengantin yang pasti terpancar juga kesan bahagia. Dalam pakaian pengantin dari Jawa ini, selain menggunakan kebaya, bawahannya menggunakan kain dengan berbagai motif. Kain motif sidomukti misalnya, mempunyai makna harapan agar hidup pasangan kelak akan langgeng.

Arti warna lainnya, bisa dilihat dari pemakaian kebaya pada saat pernikahan. Biasanya ada perbedaan warna, antara tuan rumah dan juga undangan. Jika sebagai orang tua dari yang melangsungkan upacara pernikahan, biasanya warna yang dikenakan adalah merah, hijau keemasan. Hal ini melambangkan keglamoran dibandingkan dengan undangan yang lain. Untuk kerabat dari pengantin, bisa menggunakan warna-warna kuat ataupun warna yang dominan.

Ini akan memberi makna mewah dan mencuri perhatian tamu. Namun apapun penggunaan warna yang dipilih baik orang tua pengantin ataupun kerabat, hendaknya satu gradasi warna dengan gaun yang dikenakan oleh pengantin. Namun untuk Anda yang akan menghadiri pesta pernikahan, busana yang Anda kenakan juga mempunyai arti tersendiri. Anda bisa kenakan pakaian dengan warna-warna soft, hal ini bermakna agar tidak mematikan pesona baju ataupun gaun yang dikenakan oleh pengantin.

Leave a Reply